Archive for Maret, 2009

Stimulus = Still Mules..

Suatu saat di negeri antah berantah, hiduplah Papuk jana yang bosan dengan kehidupannya yang itu- itu saja. Pagi kerja, pulangnya malam demi untuk mencari sesuap nasi semangkok mutiara..(halah.. kegedean mau sih),

Semua itu dilakukan hanya untuk mendapatkan gaji tetap sekitar 2,5 juta  per bulan, yah lumayan untuk menghidupi anak istrinya.. (maksudnya bikin hidup walaupun akhirnya nanti ngalamin gizi buruk, yang penting kan hidup).. (lebih…)

Maret 19, 2009 at 5:36 pm Tinggalkan komentar

Sudah Tepatkah Sistem Nilai Tukar Kita Saat Ini??

Kira-kira dua bulan yang lalu saat media massa masih ramai memberitakan tentang krisis finansial global yang telah menghampiri banyak negara di dunia, saya sebagai seseorang yang bekerja di institusi perbankan banyak sekali mendapatkan pertanyaan dari kawan dan tetangga lingkungan tempat tinggal. Terkadang pertanyaannya sesuatu yang sangat sederhana dan membuat saya lega karena tidak usah berfikir susah payah. Tapi tak jarang pula mereka mengajukan pertanyaan yang jauh diluar pengetahuan saya. Saya masih ingat salah satu diskusi yang cukup panjang dengan tetangga. Dia adalah seorang insinyur teknik sebagaimana saya. Di suatu obrolan sore dia mengatakan, “saya gak habis pikir, yang krisis negara orang tetapi kenapa kita selalu terkena imbasnya. Dulu saat kita krismon tahun 98 kan Rupiah anjlog terhadap Dollar Amerika, nah, sekarang negara Amerika yang lagi krisis, kok Rupiah bukannya menguat malah terus melemah seperti sekarang. (lebih…)

Maret 18, 2009 at 4:56 pm 4 komentar

Korupsi….WASPADALAH!!??!!

Hari ini lumayan melelahkan, dari pagi sampai sore aku tenggelam dalam tugas-tugas kantor yang bertumpuk dan bertumpuk..

Harus diselesaikan satu satu neh..,  ha.. pertama masalah Gorontalo, hari ini risalah rapat dan catatan harus naik ke deputi Direktur, kemudian proses relayout lantai 4 dan 10, Catatan HPS harus sampai pada pejabat pemutus neh.  Libur panjang menyebabkan beberapa pekerjaanku tertunda, maklum beberapa pejabat di bagianku  mengambil cuti, dan sebagian lainnya dinas ke luar kota jadilah beberapa hal yang seharusnya terselesaikan minggu kemarin tertunda. belumlagi proses pengadaan lainnya yang mesti diselesaikan.., hayo.. KAMU BISA..(Bisa lemes, bisa letoy.. bisa ular.. lah..)

Halah kalo ngomongin kerjaan sih gak akan habis2, jadi mendingan bagaimana kalo membahas tentang korupsi saja,

Ya korupsi, kayaknya semua orang sudah sangat akrab dengan kata ini, selain karena sering melihat dan mendengar di media  tentang beberapa orang yang tersangkut kasus korupsi juga karena saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya menerapkan kebijakan anti korupsi,

Aku setuju dengan kebijakan tak pandang bulu yang dilakukan pemerintah (kenapa tak pandang bulu?? karena bulunya besan presiden (eks pejabat BI) aja duduk di kursi pesakitan sebagai terdakwa), walapun dalam kasus ini aku lebih melihatnya dari sudut pandang yang berbeda, masalah ini akan aku bahas di lain waktu,

Memang penyakit masyarakat ini sudah menjadi sebuah kebiasan lumrah yang dinilai wajar atas nama adat ketimuran. (bingung juga..adat ketimuran dan profesionalisme ada kaitannya ya??.. hmmm).

Dan ternyata KPK sebagai lembaga yang ditunjuk presiden menghapuskan korupsi dari muka bumi ini karena tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan pri keadilan.. lah kok malah jadi kayak Pembukaan UUD 45, telah dan sedang berupaya dengan sungguh memberantas kebiasan lumrah masyarakat ini demi tegaknya moralitas bangsa ..haah bahasa tingkat tinggi neh.

Intinya aku korupsi harus dihapuskan dan dihancurkan sampai ke akar2nya karena korupsi menyebabkan jutaan rakyat menderita karena pada akhirnya secara langsung maupun tidak langsung mereka yang menanggung beban akibat korupsi, utang negara yang menumpuk (ini juga rada aneh, udah ngutang dikorupsi pula) dll.

Dan KPK telah meluncurkan buku saku anti korupsi buat orang2 seperti aku yang every single day nya terlibat dalam masalah pengadaan, walaupun buku ini tidak lengkap banget tapi setidaknya isinya cukup mencerminkan pengetahuan tentang bagaimana dan seperti apa korupsi sebenarnya sehingga kita bisa menghindar bahkan menjauhinya..

Buku ini juga mmemberikan penjelasan berupa matriks bagaimana undang2 dapat menjerat pelaku korupsi,

Wahai para panitia pengadaan, pemegang sertifikasi pengadaan , orang2 yang terlibat pengadaan, PNS dan lain-lain.. Waspadalah.. Waspadalah….???!!!!

untuk mendownloadnya klik disini

Maret 10, 2009 at 4:07 pm Tinggalkan komentar

Watak & tanggal lahir ????!!!

Ini repost dari entah darimana, lupa linknya
Sumbernya juga gak jelas.. tapi just for having fun gak pa pa lah..
Kalo yang ngerasa cocok..itu bukan kesalahan penulis tapi kesalahan tanggal lahir anda kenapa kok bisa cocok..:):)

Try This!!!

1 Januari Mudah tersinggung perasaannya, pemikirannya cerdas dan manis budi bahasanya dan memiliki sifat-sifat aneh dan ada kemungkinan mengembara. Karena sifatnya yang murah hati dan kalau kurang waspada mudah menjadi korban penipuan. ..
2 Januari Mudah menjadi tegang, suka melamun, perasaannya peka dan idealis serta kadang-kadang bersifat melankolik (gampang merasa sedih atau bermuram durja). Dalam bidang pekerjaan yang legal atau halal bisa mencapai sukses. .. (lebih…)

Maret 6, 2009 at 5:00 pm 4 komentar

Video Yang Gak Mungkin Terjadi..

Ini video cuma 35 detik tapi lumayan bikin ketawa..
Pas banget lagi mimik wajahnya…
Check This Out..

Maret 6, 2009 at 4:46 pm Tinggalkan komentar

Inspiring Movie..(SETAN APA HANTU)

Hari kemarin di mulai oleh rapat dengan Direktorat Keuangan Intern, membahas tentang anggaran investasi tahun 2010 dan optimalisasi anggaran, sebenarnya ini bukan bagian dari tugas ku sebagai pelaksana tapi karena ada keterkaitan dengan pembahasan KBI Gorontalo yang merupakan KBI baru sehingga kami dipandang perlu untuk menghadiri rapat tersebut. Hikmahnya adalah pandangan tentang lembaga jadi lebih WIDE,  ya seperti kata miq Junep (salah satu tokoh sasak yang selalu membawa pecut lewat untaian kata-nya), bahwa kadang kita harus melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda2 sehingga penilaian kita bisa lebih obyektif.  Rapat ini akhirnya selesai juga sekitar jam 12.00,  setelahnya ke masjid lalu makan siang di kantin ADUP (adiupaya)…

Oh ya hari ini bukannya ada pemutaran film Laskar pelangi di Lantai 4 Thamrin, ha.. mesti melihat kembali email yang dikirimkan Humas.. Hmmm acara ini diprakarsai DSDM tujuannya seperti kata Ibu DGS selain untuk melepaskan kepenatan pikiran dan tubuh setelah bekerja  untuk lembaga juga untuk memperat  silaturahmi antar pegawai, maklum lah selama ini kebanyakan pegawai di lembaga tercinta ini tidak setiap hari saling bertemu karena perbedaan gedung dan alasan lainnya. Kadang saling menyapa pun jarang dilakukan .. Tidak seperti di dasanku, dengan siapapun kami bertemu, kami selalu bertegur sapa walaupun kami tidak saling mengenal ..Aku pikir bagus juga idenya..

Ya… Laskar Pelangi,  Kenapa Laskar Pelangi ??? mungkin karena film ini banyak ditonton, salah satu film terbaik Indonesia dan banyak menginspirasi, novel nya juga best seller .. pasti semua tau lah.. “TERALOGI LASKAR PELANGI” karangan Andrea Hirata dan alasan lain yang aku gak bisa sebutin satu persatu…namun sayang film ini tidak aku tonton sampai selesai.. karena mesti pulang ..ada janji mengantar isteri.

Dan adegan demi adegan berlalu seperti membalikkan waktu mengingat kembali pengalaman masa kecilku, lalu sampai pada bagian yang menginspirasi .. .adegan ketika Guru SD PT. PN Timah (Tora Sudiro) membagikan kalkulator pada murid-muridnya untuk belajar berhitung sedangkan Guru SD Muhamadiyah Belitong menyuruh muridnya untuk mengeluarkan lidi.  Iya.. lidi alat berhitungku saat SD  dulu di Teros.. kalo orang Teros menyebutnya SD Inpres……ha..ha..ha.. , dan yang terbayang kemudian adalah ketika pelajaran berhitung (mama–> ini maksudnya matematika) selesai pasti lidinya selalu berkurang entah dua ato tiga, karena teledor mengumpulkan dan merapikan kembali…ini yang aku bilang bagian yang menginspirasi.. kenapa menginspirasi karena :

1. Aku melihat bahwa ilmu itu tidak terbatas, bisa didapatkan bagaimanapun caranya namun yang lebih penting lagi bagaimana memanfaatkannya.

2. Keterbatasan bukan alasan untuk maju dan berkarya, berbuat yang terbaik..banyak orang yang membuktikannya..berapa banyak semeton-semeton di milis KOMUNITAS SASAK  yang memilki keterbatasan namun tidak pernah menyerah pada keadaan dan mereka pun akhirnya membuktikan eksistensi mereka..

3. Jangan putus asa dan menyerah pada keadaan..ini yang selalu di lecutkan miq Junep secara tersirat maupun tersurat..

Dan benar bahwa film ini layak diacungkan 4 inan… 2 inan nae dan 2 inan ime..apalagi di tengah film Indonesia yang isinya cuma hantu dan Setan..(makanya di Indonesia orang2nya banyak yang menakutkan.. mungkin karena kebanyakan nonton film Setan ma Hantu..jadinya pengen nakut2in..halah.. ) Apa yang ada film ini adalah potret dasan kami dan mungkin beribu- ribu dasan lain di indonesia namun menjadi sesuatu yang biasa karena memang begitulah adanya dan kesehariannya.

Semoga semakin banyak film2 lain yang bagus dan berbobot yang memberikan inspirasi buat diri ini dan umumnya untuk bangsa Indonesia.. biar rakyat gak banyak yang jadi Setan dan Hantu…

Maret 5, 2009 at 8:25 am 2 komentar

Mangap…

Kejadiannya sekitar seminggu yang lalu saat pulang kantor, baru aja parkir motor, buka sepatu, sandaran di tembok rumah untuk melepas lelah dan penat.

Sejurus kemudian… (ha..ha.. sejurus kemudian) istri datang dan kira2 beginilah pembicaraan diantara kami :

Istri : ” Baru pulang kak ??”
Saya : ” Iya..”, Azra udah maem??”
Istri : ” Udah…, Kak tau gak Dewi Persik ternyata nikah dua kali..??” dia udah nikah siri ma Aldy taher bulan Juni 2008, terus nikah lagi ma si ferry yang dari Belanda bulan Oktober 2008..”
Saya : ” mang tau dari mana ??” (secara gw gak pernah nonton infotainment)
Istri : ” Dari infotainment.., masak nikah dua kali gara2 katanya dia sering di talak ma Aldy..terus gak dikasi nafkah lahir bathin” . Aneh banget ya kak..
Saya : ” Oh…, Terus (jawaban males2an neh)
Istri..: ” Iya tuh.. beritanya lagi rame, setiapo saat dewi persik mulu.. ampe bosen…”
Saya : “kalo bosen jangan diliatin , nonton yang lain aja..”
Istri : ” Abisan gak ada yang diliatin lagi..”
Saya: ” Ya laitin aja ..
Istri : “Kan dalam Islam gak boleh kak Poliandri gitu.. kok mereka bisa gitu ya?? terus pake bawa nama agama lagi..”
Saya :” hooh..” (
istri : ” katanya supaya gak zina…”
Saya : .. …diam sambil mangap..dan berpikir.. (lah kalo nikah gak jelas gtu apa gak zina namanya..)
(kayaknya mesti buka kitab lagi neh)

Pesannya adalah begitu gampangnya artis dan public pigur membawa nama 2 agama untuk melegalkan kepentingannya..
Allah Yang maha Tahu apa yang ada di hati setiao hamba-Nya..

Semoga kami diberikan petunjuk bahwa benar itu adalah benar agar kami dapat menguikutinya…

Maret 3, 2009 at 6:44 am 10 komentar

Pos-pos Lebih Lama


Maret 2009
M S S R K J S
« Jun   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Tulisan Terakhir

RSS Kantor Berita Sasak

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Disini Udah Ada

IP

Sasak